Saat akan membangun rumah atau renovasi, pasti Bapak/Ibu sering galau dan ragu, apakah akan membangun rumah dan diawasi sendiri ataukah pake jasa Kontraktor. Setelah itu, pasti akan muncul lagi pertanyaan – pertanyaan yang beragam :

Kalau pake Kontraktor mahal gak ya?

Nanti kalau bangunan belum selesai tp Kontraktornya kabur bawa duit gimana dong?

Kalau pake Kontraktor sistem pembayarannya gimana?

Untungnya apa pake Kontraktor?

Dan banyak pertanyaan lainnya …

Nah kami dapat memberikan masukan sbb :

1. Secara umum menggunakan jasa Kontraktor akan lebih simpel dan seharusnya lebih efisien karena semua perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan akan dilakukan oleh Kontraktor. Apalagi jika Bapak/Ibu sangat sibuk atau bekerja setiap harinya. Namun tentunya harus dicari Kontraktor yang memiliki track record baik dan contoh proyek yang nyata berkualitas serta diyakini kebenarannya.

2. Pilihlah Kontraktor yang memberikan harga kompetitif dan skema pembayaran nyaman serta aman, misalnya tanpa DP/uang muka serta pembayaran dengan indikator progress fisik riil sesuai perjanjian kerja sehingga akan menutup kemungkinan Kontraktor membawa lari dana Bapak/Ibu.

3. Kontraktor seharusnya juga memberikan pelayanan yang ramah, komunikatif serta service excellence kepada Bapak/Ibu, baik dari sisi manajemen maupun team lapangan.

4. Kontraktor yang baik tentunya jg akan memberikan benefit yang maksimal serta tidak terlalu hitung-hitungan dengan Bapak/Ibu, semisal gratis desain hingga Bapak/Ibu puas tanpa batasan revisi, konsultasi gratis, maupun layanan lainnya. Paket Design and Build (jasa desain sekaligus dibangun) yg ditawarkan oleh Kontraktor akan memberikan penghematan biaya yg sangat signifikan, dibandingkan dengan Bapak/Ibu meminta desain dari arsitek lain secara terpisah dengan biaya yang cukup besar. Selain itu, Kontraktor yg mampu menyediakan jasa tambahan semisal pembuatan furniture/kitchen set/taman tentunya akan memberikan nilai lebih bagi Bapak/Ibu.

5. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, jangan mudah tergiur harga sangat murah dengan janji-janji menggiurkan. Kami menyarankan agar Bapak/Ibu justru hati-hati jika ada penawaran harga terlalu murah karena berdasarkan pengalaman kami ada kemungkinan pengurangan spek material yang tidak diketahui oleh Bapak/Ibu, semisal spek struktur bangunan/pembesian dll yang tentunya malah beresiko di kemudian hari. Tentunya tidak akan ada artinya jika harga sangat murah namun layanan buruk, spek material dibawah standar maupun skema pembayaran tidak nyaman bagi Bapak/Ibu.

Demikian masukan dari kami, semoga bermanfaat, terimakasih.